Harap Tunggu

Bupati Ingin Pelaku UMKM Gabung E-katalog Lokal
Oleh Prokopim Tala 05 Sep 2022, 20:23:15 | dibaca 41 x | Kategori Berita Umum
Bupati Ingin Pelaku UMKM Gabung E-katalog Lokal

Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta, menginginkan seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal dapat bergabung dengan E-katalog Lokal maupun Toko Dalam Jaringan (Daring) Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut (SosiaLita) supaya belanja pemerintah dapat diserap oleh pelaku UMKM. Hal tersebut Ia sampaikan saat menghadiri kegiatan Silaturahmi dan Ramah Tamah Bupati Tala Dengan Pelaku UMKM Tala Dalam Rangka Hari UMKM Nasional serta Upaya Kebijakan dan Pengembangan UMKM. Bertempat di Pendopo Objek Wisata Pantai Batakan Baru Kecamatan Panyipatan, Senin (5/9/2022) siang.

Sukamta melanjutkan, dengan mendorong seluruh UMKM bergabung dengan E-katalog Lokal tentunya hal ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala untuk mengembangkan dan memajukan UMKM yang ada di Bumi Tuntung Pandang. Apalagi menurutnya, hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang menginginkan  daerah untuk mencintai produk dalam negeri.

“Selain mengikuti arahan pemerintah pusat untuk mencintai produk dalam negeri hal ini tentunya bertujuan agar pelaku UMKM dapat lebih baik, maju dan berkembang di masa yang akan datang,” tutur Sukamta.

Ia juga menambahkan, Pemkab Tala sangat serius dan komprehensif untuk mengembangkan UMKM lokal terbukti dengan menyediakan permodalan, teknologi serta pasar. Namun hingga saat ini masih banyak yang harus dipelajari oleh UMKM lokal seperti bergabung menjadi satu komunitas, memperbaharui teknologi serta lebih kreatif dalam membuat dan mengembangkan kemasan, karena selama ini selalu kalah dalam segi kemasan dengan pelaku UMKM di daerah lain.

“Silakan dimanfaatkan pinjaman modal yang sudah disediakan pemerintah daerah agar dapat mengembangkan usaha yang selama ini digeluti para pelaku UMKM, pengembangan kemasan juga penting karena selama ini seharusnya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar namun karena kemasan yang belum siap untuk bersaing sehingga keuntungan yang didapat masih tergolong kecil,” ucap bupati.

Dalam kesempatan ini, Sukamta juga berharap agar para pelaku UMKM lokal lebih bersemangat dalam bekerja, lebih baik lagi dalam mengembangkan produk serta selalu berkomitmen untuk dapat bersaing dengan produk-produk lain karena pemerintah pasti memfasilitasi dan mendukung dengan sepenuhnya untuk kemajuan UMKM lokal.

Turut berhadir Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag) Kabupaten Tala H Syahrian Nurdin serta Camat Panyipatan Agus Setiyo.




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Web Links

  • Pemkab Tanah Laut
  • BKPSDM
  • WBS
  • Lapor !