Harap Tunggu

Bupati Inginkan Tidak Ada Desa Tertinggal
Oleh Prokopim Tala 02 Agu 2022, 08:07:41 | dibaca 62 x | Kategori Berita Umum
Bupati Inginkan Tidak Ada Desa Tertinggal

Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta menginginkan tahun 2023 Kabupaten Tala tidak ada lagi desa yang tertinggal. Hal tersebut disampaikan usai menyerahkan piala lomba desa dan kelurahan se-Kabupaten Tala sebelum Apel Gabungan Lingkup Pemerintah Kabupaten Tala di Halaman Kantor Bupati Tala, Senin (1/8/2022).

Sukamta menuturkan di Kabupaten Tala, level desa yang paling rendah nantinya adalah desa berkembang, "Desa-Desa yang ada di Tala harus bisa menjadi desa yang mandiri, maju dan yang levelnya paling rendah adalah desa berkembang," tuturnya.

Bupati menjelaskan hal tersebut dapat diwujudkan dengan memberikan dukungan untuk percepatan pencapaian indeks membangun desa. Menurutnya mewujudkan desa mandiri bukan hanya pekerjaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) saja, melainkan kerjasama dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain.

Orang nomor satu di Tala itu pun mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) Tala untuk terus berupaya membangun desa, "Salah satu fokus pembangunan kita adalah membangun desa, sesuai dengan jargon kita desa dibina kota ditata," jelasnya.

Bupati juga menyerahkan piala lomba desa dan kelurahan se-Kabupaten Tala tahun anggaran 2022, keluar sebagai pemenang lomba desa yakni juara satu Desa Sumber Mulia Kecamatan Pelaihari, juara dua Desa Bluru Kecamatan Batu Ampar dan juara tiga Desa Padang Kecamatan Bati-Bati. Untuk pemenang lomba kelurahan yaitu Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari. Kelurahan Karang Taruna juga meraih juara harapan tiga tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Juara tiga lomba kreasi dan inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kalsel yakni Desa Bumi Asih Kecamatan Panyipatan dengan inovasi teknologi pakan konsentrat dan pellet berbasis limbah jagung untuk ternak sapi.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyambutan insan olahraga dan penyerahan penghargaan pada Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) di Palembang Sumatera Selatan  yakni cabang olahraga Akbar Pratama dan Abdullah yang meraih medali emas. Pelepasan calon Paskibraka Provinsi Kalsel yaitu Carles Aji Mintoro dari SMAN 1 Bati-Bati, Muhammad Zacky Ramadhanu SMAN 1 Pelaihari, Kamalia SMAN 2 Jorong dan Alia SMAN 1 Kurau. Pelepasan peserta Jambore Nasional XI tahun 2022 Kwartir Cabang Tala, Kwartir Daerah Kalsel di Bumi Perkemahan Cibubur. Selain itu juga Kwarcab Tala berhasil meraih juara satu lomba yel-yel se-Kalsel dan terpilih menjadi yel-yel Kwartir Daerah Kalsel dan penyerahan medali pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kalsel tahun 2022 dengan jumlah enam medali emas, lima medali perak dan 11 medali perunggu.




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Web Links

  • Pemkab Tanah Laut
  • BKPSDM
  • WBS
  • Lapor !