Harap Tunggu

Kebijakan Strategis Sukamta Dukung Sasirangan Khas Tala
Oleh Prokopim Tala 02 Agu 2022, 08:05:35 | dibaca 76 x | Kategori Berita Umum
Kebijakan Strategis Sukamta Dukung Sasirangan Khas Tala

Dukungan terhadap produk lokal Sasirangan khas Tanah Laut (Tala) sebagai salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Tala menjadi kebijakan stragis Pemkab Tala dalam meningkatkan perekonomian daerah. Hal tersebut disampaikan Bupati Tala HM Sukamta saat siaran langsung pada program acara "Kalimantan Selatan Hari Ini" di Stasiun TVRI Kalsel, Banjarmasin, Sabtu (30/7/2022).

"Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, UMKM dan IKM jadi faktor yang sangat penting, diantaranya usaha Sasirangan. Dari awal kita dukung dan alhamdulillah saat ini kita sudah punya beberapa produk Sasirangan khas Tala seperti kain, pakaian dan Kopiah Tuntung Pandang (Kondang). Ini tentu jadi daya tarik khusus dan potensi ekonomi untuk daerah", terang Sukamta.

Selain dukungan terhadap pengolahan produk, Sukamta juga kembali menyampaikan kebijakan strategisnya untuk mendukung pemasaran produk UMKM yaitu melalui e-marketplace Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tala (Sosialita).

"Kita juga punya Sosialita untuk pasar digital produk UMKM. Pembelinya kita wajibkan dari seluruh SKPD di Tala agar ada perputaran uang dan belanja pemerintah daerah bisa diserap oleh pelaku UMKM. Alhamdulillah, pelaku UMKM kita semakin bertambah dan produksi terus meningkat. Manfaatnya jelas langsung dirasakan masyarakat", tambahnya.

Terkait gerakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan gerakan Bangga Buatan Indonesia yang digaungkan pemerintah pusat, Sukamta sangat mendukung dan menurutnya Pemkab Tala telah melaksanakan gerakan tersebut.

"Tahun ini seluruh pemerintah daerah diinstruksikan memaksimalkan P3DN, alhamdulillah Tala sudah melaksanakan sejak tiga tahun lalu", pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Sukamta juga menerima kejutan singkat berupa ucapan ulang tahun secara langsung dari Kepala Stasiun TVRI Kalsel I Gede Mustito. Merespon hal tersebut, Sukamta turut menyerahkan bingkisan Kondang dan buku biografi miliknya kepada I Gede Mustito.




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Web Links

  • Pemkab Tanah Laut
  • BKPSDM
  • WBS
  • Lapor !