Harap Tunggu

Pemkab Akan Tertibkan 30 Ribu Sertipikat Tanah Transmigrasi
Oleh Prokopim Tala 10 Agu 2022, 12:24:00 | dibaca 212 x | Kategori Berita Umum
Pemkab Akan Tertibkan 30 Ribu Sertipikat Tanah Transmigrasi

Selain pelayanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bagi masyarakat yang belum memiliki sertipikat tanah, Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta juga akan menertibkan sekitar 30 ribu lahan tanah desa transmigrasi di Tala. Hal tersebut Ia sampaikan usai menyerahkan piagam penghargaan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tala, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tala dan TVRI Kalimantan Selatan di Aula Sarantang Saruntung Setda Tala, Selasa (9/8/2022).

"Banyak warga desa transmigrasi yang terkendala dalam mengurus balik nama sertipikat tanah karena nama pemilik awal sudah tidak jelas keberadaannya. Mau pinjam uang di bank juga tidak bisa karena tidak sesuai dengan nama pemilik. Kita akan kerja sama dengan BPN dan Pengadilan Negeri (PN) Pelaihari untuk menyelesaikan persoalan ini", ungkapnya.

Menurut Sukamta program tersebut akan menjadi yang pertama di Indonesia. Ia berharap kebijakan tersebut bisa menjadi percontohan karena kendala balik nama sertipikat tanah desa transmigrasi juga dialami oleh daerah-daerah lainnya.

"Ini akan menjadi kebijakan pertama di Indonesia dan semoga bisa jadi role model bagi daerah-daerah transmigrasi lainnya. Target kita tahun ini juga bisa dikerjakan, insya Allah tidak sampai dua bulan", tambahnya.

Pada kesempatan itu Sukamta turut mengapresiasi Kejari Tala sebagai mitra Pemkab Tala dalam menyelesaikan persoalan-persoalan hukum masyarakat dan pemerintah daerah selama ini.

"Kami juga berikan penghargaan kepada Kejari sebagai pengacara negara, sehingga kasus-kasus hukum yg dialami Pemkab Tala bisa tertangani dengan baik dan terhormat. Semoga kerja sama ini dapat terus kita tingkatkan untuk membangun kesadaran hukum masyarakat dan persoalan-persoalan hukum yg dihadapi pemerintah", pungkasnya.

Turut hadir Kepala BPN Tala Dr Ahmad Suhaimi, Kepala Kejari Tala Ramadani, Kepala TVRI Kalsel I Gede Mustito, Direktur RSBCM Tala dr Singgih Sidarta dan para kepala SKPD terkait.




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Web Links

  • Pemkab Tanah Laut
  • BKPSDM
  • WBS
  • Lapor !