Harap Tunggu

Otonomi Daerah Dorong Kemandirian Suatu Daerah
Oleh Prokopim Tala 29 Apr 2021, 07:54:13 | dibaca 116 x | Kategori Event
Otonomi Daerah Dorong Kemandirian Suatu Daerah

Otonomi daerah diharapkan dapat mendorong kemandirian suatu daerah terutama kemampuan untuk membiayai daerah itu secara mandiri. Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta saat selesai mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25 secara virtual di Ruang Rapat Barakat, Senin (26/4/2021).

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25 ini mengusung tema "Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju".

Sukamta mengatakan selain kemandirian, daerah juga diminta dapat berdiri dikaki sendiri, mempercepat dan memperbaiki sistem pelayanan terhadap masyarakat serta memberikan inovasi bagi daerah.

"Dengan begitu, kita semua dapat lebih cepat merasakan suatu daerah itu sudah mengalami kemajuan. Tidak hanya itu, kita juga harus memaksimalkan potensi daerah kita," pintanya.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'aruf Amin mengatakan peringatan Hari Otonomi Daerah ini merupakan momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dimasa yang akan datang.

"Penyelenggaraan otonomi daerah ini juga bentuk dari pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian guna meningkatkan pelayanan masyarakat, meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam rangka mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Dirinya menginginkan selama kondisi pandemi Covid-19, masyarakat harus tetap semangat bekerja dan bergotong royong dengan tujuan menciptakan masyarakat yang sehat dan pemulihan ekonomi menuju Indonesia maju.

Dalam peringatan tersebut juga diadakan peluncuran tiga aplikasi layanan terbaru oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian diantaranya Sistem Informasi Mutasi Daerah (Simudah), Sistem Elektronik Peraturan Daerah (e-Perda) dan Sistem Informasi Layanan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Si-LPPD).




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Web Links

  • Pemkab Tanah Laut
  • BKPSDM
  • WBS
  • Lapor !