Harap Tunggu

BUMDes dan Pelaku Usaha Manfaatkan FABA
Oleh Prokopim Tala 30 Sep 2021, 09:22:21 | dibaca 34 x | Kategori Inovasi
BUMDes dan Pelaku Usaha Manfaatkan FABA

Keterangan Gambar : Bupati HM Sukamta melakukan penandatanganan MoU Pemanfaatan FABA oleh BUMDes Sungai Baru, Rabu (29/9/2021), di Aula Gawi Manuntung, PLTU Asam-Asam.


Limbah hasil pembakaran batu bara dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam-Asam, Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) tidak lagi terdaftar sebagai pelaku usaha sebagai bahan infrastruktur. Hal ini terungkap dalam penandatanganan kesempakatan, Memorandum of Understanding (MoU) Pemanfaatan FABA PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Asam-Asam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala), BumDes Sungai Baru dan PT Wahyu Putra Ramadhan (WPR) yang dilaksanakan di Aula Gawi Manuntung, PLTU Asam-Asam, Rabu (29/9/2021).

Manager UPK Asam-Asam Dani Esa Windiarto mengungkapkan, FABA bukan lagi limbah B3  sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, sehingga dioptimalkan untuk penggerak ekonomi masyarakat.

“PLTU Asam-Asam menghasilkan FABA sebanyak  180 ton perhari, FABA bisa kita manfaatkan menjadi paving blok, batako, campuran ready mix beton dan campuran bahan infrastruktur lainnya,” tuturnya.

Bupati Tala HM Sukamta mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN UPK Asam-Asam yang telah membuka kesempatan kepada BUMDes dan para pelaku usaha untuk dapat memanfaatkan FABA.

“Ini adalah peluang bagi pelaku usaha kecil menengah dan BUMDes, mereka bisa membuat paving blok dan batako, kami dukung dari sisi regulasi. Nanti bisa dipasarkan di marketplace kita.  Sehingga sekolah-sekolah atau perkantoran tidak lagi menggunakan paving blok pabrikan, namun hasil dari limbah FABA olahan UMKM dan BUMDes ini,” tuturnya.

Sukamta juga mengapresiasi BUMDes Sungai Baru sebagai pionir pemanfaatan FABA untuk produk infrastruktur.

“BUMDes ini jangan dikasih uang, namun kasihlah mereka pekerjaan, kita dorong BUMDes bekerja secara mandiri, sehingga bisa menghasilkan uang sendiri. Pemerintahan saya berkomitmen mendukung BUMDes-BUMDes yang ada,” tutupnya.




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Web Links

  • Pemkab Tanah Laut
  • BKPSDM
  • WBS
  • Lapor !