Harap Tunggu

Pemkab Akan Melaksanakan Operasi Pasar
Oleh Humas Protokol 31 Mar 2020, 09:00:50 | dibaca 18 x | Kategori Berita Umum
Pemkab Akan Melaksanakan Operasi Pasar

Keterangan Gambar : Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) Akan Melaksanakan Operasi Pasar Hal Ini Disampaikan Bupati H Sukamta dalam Rakor TPID Tala, Senin (30/3) di Ruang Rapat Barakat


Menghadapi harga kebutuhan bahan pokok di pasar yang mengalami kenaikan akibat pandemi Covid-19 atau Corona, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala), akan melaksanakan operasi pasar untuk mengendalikan dan menjaga stabilitas harga dengan sasaran masyarakat umum di Tala. Bupati Tala H Sukamta juga menegaskan pasar murah akan digelar dengan syarat pembatasan pembelian yang akan tetap diawasi langsung dari pihak terkait dengan harga normal. Kebijakan ini diambil saat digelar Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tanah Laut Tahun 2020 di Ruang Rapat Barakat, Senin (30/3).

Sukamta juga menyebut, perkembangan wabah Covid-19 yang semakin meningkat menimbulkan dampak kenaikan harga bahan pangan yang tidak stabil. Bahkan para pelaku usaha yang ada di Tanah Laut menghadapi penurunan pendapatan harian yang cukup signifikan.

Ditambahkan, pihaknya masih berusaha melakukan kerja sama antar distributor bahan pokok dan akan memberikan subsidi kepada distributor jika situasi tidak memungkinkan seperti yang terjadi pada saat ini.

Pada kesempatan ini beliau juga menegaskan tidak akan melakukan lockdown secara total, karena menurutnya untuk biaya total bahan pangan selama 15 hari sebesar Rp 131 miliar. Hal tesebut tidak dapat dilaksanakan karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) tidak mencukupi untuk melaksanakan hal tersebut.

 

 “Dalam situasi saat ini yang terpenting adalah kedisiplinan dan kesadaran masyarakat dalam hal social distancing atau saling menjaga jarak guna mencegah penyebaran virus corona,” tutup Sukamta.

 Turut berhadir pada kegiatan tersebut Dandim 1009/Plh Adi Yoga Susetyo, Wakapolres Tala Fauzan Arianto, Sekretaris Daerah Tala Dahnial Kifli, Kepala Bulog Kalimantan Selatan Arief Mando, serta Kepala SKPD lingkup Tala.

 




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Web Links

  • Pemkab Tanah Laut
  • BKPSDM
  • WBS
  • Lapor !