Harap Tunggu

BPS Target 45 Ribu Jiwa Warga Tala Melakukan Sensus Online
Oleh Humas Protokol 10 Mar 2020, 13:52:31 | dibaca 23 x | Kategori Event
BPS Target 45 Ribu Jiwa Warga Tala Melakukan Sensus Online

Keterangan Gambar : Bupati H Sukamta Melaunching Secara Resmi Sensus Penduduk Online 2020 Disaksikan Pihak Forkompimda pada Saat Digelar Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten dalam Rangka Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 oleh Kepala BPS Tala Ir Misnawati, MP di Gedung Sarantang Saruntung, Selasa (10/3).


Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menargetkan sekitar 45ribu jiwa atau 14,31 persen warga Tala terdata dalam Sensus Penduduk Online (SPO) yang dilaksanakan sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten dalam Rangka Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 oleh Kepala BPS Tala Ir Misnawati, MP di Gedung Sarantang Saruntung, Selasa (10/3).

“Hanya saja hingga saat ini baru terdata sebanyak 4.202 jiwa yang berpartisipasi dalam sensus online, karenanya kami berharap dapat diberikan dukungan dengan memberikan sosialisasi misalnya melalui media sosial,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Tala H Sukamta yang secara resmi membuka serta melaunching sensus penduduk online meminta kepada seluruh kepala SKPD agar meluangkan waktu untuk bisa melakukan sensus penduduk online kepada semua pegawainya.

“Termasuk disdik seluruh jaringan pendidikan bisa mengisi secara online sehingga target 45ribu jiwa bisa tercapai, mengingat pentingnya keakuratan data ini guna membantu kelancaran proses pembangunan,” ujar Sukamta.

Saat ini dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020), BPS melakukan inovasi dan pembaruan metode dibandingkan enam sensus penduduk sebelumnya. SP2020 menggunakan metode kombinasi yaitu memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap, dan memanfaatkan berbagai jenis pengumpulan data yang menggunakan gadget. Inovasi ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 tahun terakhir.

“Jangan sampai ada yang tidak terdata dalam sensus kali ini karena akan mempengaruhi kebijakan yang dibuat, dan jangan sampai menganggap data itu biasa-biasa saja karena ini data yang penting, ” jelas Sukamta.

Sementara itu menurut data BPS, warga Tala sebelumnya tercatat sekitar 296 ribu jiwa, diperkirakan akan menjadi 348 ribu jiwa atau terjadi pertambahan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir sekitar 52 ribu jiwa.

Pelaksanaan sensus kali ini akan dilaksanakan dalam dua periode, pertama melakukan sensus secara online melalui halaman website sensus.bps.go.id pada 15 Februari s.d. 31 Maret 2020. Kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d. 31 Juli 2020.

Kegiatan ini selain dihadiri Forkopimda juga dihadiri pihak rumah sakit, bank, perwakilan perusahaan, organisasi serta kepala SKPD yang ada di Kabupaten Tala.




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Web Links

  • Pemkab Tanah Laut
  • BKPSDM
  • WBS
  • Lapor !