Harap Tunggu

Saringkel Pandan dan B@ Taringan Siap Bersaing
Oleh Humas Protokol 13 Feb 2020, 16:18:27 | dibaca 57 x | Kategori Event
Saringkel Pandan dan B@ Taringan Siap Bersaing

Keterangan Gambar : Pengrajin Sasirangan Saat Memamerkan Motif Saringkel Pandan, Sasirangan Ringkel Tuntung Pandang di Acara Peresmian Gedung Pusat Promosi Sentra IKM Sasirangan Tambang Ulang yang Diresmikan Bupati H Sukamta, Kamis (13/2).


Bupati Tanah Laut (Tala) H Sukamta meresmikan motif baru sasirangan yang diproduksi Pengrajin Tambang Ulang dengan nama Saringkel Pandan. Kepanjangan dari Sasirangan Ringkel Tuntung Pandang dan B@ Taringan singkatan dari Batik Tanah Laut Motif Sasirangan. Kedua motif baru ini diluncurkan seiring dengan dilakukannya peresmian Gedung Pusat Promosi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Sasirangan Tambang Ulang, Kamis (13/2).

Bupati menyebut peluncuran motif baru ini sebagai tujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar,  serta bentuk inovasi baru produk Sasirangan Tanah Laut yang siap bersaing dengan motif sasirangan lainnya.

“Kita sebelumnya sudah punya Sasirangan Jimpitan ini untuk umum, Saringkel Pandan  untuk kelas menengah ke atas dan untuk B@ Taringan untuk memenuhi kebutuhan pasar kelas bawah misalnya seragam sekolah karena harganya yang lebih terjangkau,” jelas Sukamta.

Dengan motif baru ini pula Sukamta meminta agar Saringkle dipromosikan secara gencar, jika perlu dipromosikan melalui tayangan televisi swasta, dimana ada salah seorang warga Tanah Laut yang berlaga dalam Lomba Liga Dangdut. Beliau juga menegaskan, agar sebelum dipromosikan keluar daerah warga Tanah Laut khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) terlebih dahulu menggunakan produk ini dan membelinya dari pengrajin di Tanah Laut.

Sukamta juga menyebut bangga setiap kali memakai Sasirangan produk Tala, karena memiliki kualitas yang  baik bahkan dari segi pewarnaan pun sudah bersaing dengan produk lain.

“Saya bangga sasirangan kita sudah maju, jadi saya harap semua membeli produk dari IKM kita, karena siapa yang lagi yang mempromosikan kalau bukan kita. Tentu dengan semakin banyak pengrajin Sasirangan yang bertumbuh dengan kualitas yang bagus akan membawa dampak positif untuk kemajuan perekenomian rakyat kita,” ujarnya.

Bupati yang didampingi Ketua TP PKK Tala Hj Nurul Hikmah Sukamta serta Wakil Bupati didampingi Ketua GOW  Yati Octoviana pada kesempatan ini menggunakan Saringkel Pandan warna coklat. Motif baru ini juga dipamerkan dan dijual langsung oleh pengrajin Sasirangan Tambang Ulang.




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Web Links

  • Pemkab Tanah Laut
  • BKPSDM
  • WBS
  • Lapor !